Jumat, 23 Januari 2015

Pantangan Makanan Penderita Kanker Lidah

Pantangan Bagi Penderita Kanker Lidah

pantangan makanan untuk kanker lidahBerikut ini adalah beberapa jenis pantangan makanan penyakit kanker lidah yang harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderitanya. Adapun jenis makanan yang harus dihindari untuk penderita kanker lidah adalah sebagai berikut :

Sayur dan Buah-Buahan

  • Tauge mengandung zat yang mendorong pertumbuhan sel kanker
  • Sawi putih dan kangkung mengurangi efektivitas kinerja obat-obatan
  • Cabai merangsang aktivitas bawah sadar sehingga menurunkan jumlah oksigen dalam tubuh. Kekurangan oksigen dapat menurunkan immunitas tubuh yang dapat memicu perkembangan sel kanker.
  • Durian menghasilkan alkohol sehingga merangsang berkembangnya sel kanker. Alkohol merangsang aktivitas bawah sadar sehingga jumlah oksigen dalam tubuh menurun.
  • Lengkeng dan nangka juga harus dihindari oleh penderita penyakit kanker lidah, karena dapat mendorong pertumbuhan sel kanker tersebut.

Aneka Daging-Daging

  • Lemak daging sapi, kerbau, kambing, babi dapat memfasilitasi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
  • Ikan asin yang diolah dari bahan tidak segar mengalami penguraian sehingga menjadi bahan allergan yang mengundang reaksi imunitas tubuh. Akibatnya, tubuh akan merasa meriang, gatal-gatal dan bengkak. Sementara itu, bagi penderita kanker akan timbul reaksi berdenyut-denyut dan timbul rasa nyeri dibagian tubuh yang terkena kanker. Ikan asin juga menyebabkan gangguan permeabilitas pendarahan. Yang lebih memprihatinkan, beberapa produsen pengolah ikan sering menambahkan formalin, bukan pengawet makanan. Formalin ini bersifat hepatotoksik atau racun bagi organ hati, sehingga semakin lama mengganggu sistem kerja sel dan jaringan yang akhirnya memicu kanker.
  • Seafood seperti udang, kerang, kepiting, cumi mengandung kandungan lemak tinggi. Penderita kanker atau tumor harus mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi karena bisa merangsang berkembangnya sel kanker.
  • Daging unggas. Daging unggas bisa memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh, karena biasanya untuk memicu pertumbuhan ternak atau unggas digunakan obat-obatan kimia termasuk hormon yang disuntikkan kedalam tubuh hewan sehingga bobot ternak atau unggas meningkat. Suntikkan hormon yang diberikan pada ternak mirip hormon anabolic pada manusia, dan hormon inilah yang diduga memicu penyakit kanker prostat dan kanker kelenjar serta kanker lainnya.

Makanan Yang Diawetkan dan Dibakar

Makanan yang diawetkan atau dibakar mengandung senyawa kimia yang dapat berubah menjadi karsinogenatif. Makanan yang dibakar pada bagian yang gosong atau hangus mengandung zat karsinogen.

Itulah sajian informasi mengenai Pantangan Bagi Penderita Kanker Lidah. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi anda yang saat ini sedang menjalani proses penyembuhan penyakit kanker lidah. Jalani gaya hidup dan pola makan yang sehat mulai dari sekarang, karena itu adalah kunci utama bagi kita untuk menjaga vitalitas dan kebugaran tubuh agar tetap fit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar