Rabu, 14 Januari 2015

Pantangan Makanan Penderita Rematik

Penyebab rematik sangat bervariasi. Umumnya, dipengaruhi oleh masalah autoimun yaitu sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang jaringan persendian. Akibatnya, tulang rawan disekitar sendi menipis. Sebagai gantinya, munculah tulang baru. Disaat tubuh bergerak, tulang-tulang dipersendian bersinggungan. Kejadian inilah yang memicu rasa sakit dan nyeri yang tak tertahankan.

Berlaku hidup sehat adalah salah satu cara kita menghindari dari timbulnya berbagai penyakit, selain itu pola makan kita juga akan mempengaruhi kesehatan kita. Jagalah pola makan, jangan sampai berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Baiklah inilah beberapa pantangan makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit rematik :
  • Tomat
Sayuran yang satu ini ternyata apabila dikonsumsi terlalu banyak terutama bagi penderita rematik atau asam urat tentunya berbahaya sebab banyak mengandung purin yang dapat memicu terjadinya rematik atau asam urat, maka bagi penderita rematik untuk menghindari mengkonsumsi tomat secara berlebihan.
  • Daging Merah
Hindari daging merah, jika anda memiliki rematik. Anda sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang mengandung fosfor seperti daging merah. Hal ini dikarenakan semakin banyak fosfor yang anda miliki dalam tubuh, semakin banyak pula kalsium yang hilang dari tulang.
  • Ikan bertempurung
Inilah beberapa ikan yang konsumsinya harus dibatasi terutama bagi penderita rematik atau asam urat yaitu ikan ini banyak mengandung purin yang dapat memicu terjangkitnya asam urat atau rematik maka konsumsilah ikan ini dengan wajar jangan berlebihan.
  • Susu
Susu memang minuman yang banyak mengandung gizi dan sangat baik untuk pertumbuhan tubuh kita tapi dibalik itu semua ternyata susu banyak mengandung purin yang dapat memicu timbulnya asam urat dalam tubuh kita maka untuk penderita rematik agar hati-hati dalam mengkonsumsi susu.
  • Gula
Bagi penderita rematik hindarilah makanan yang mengandung kadar gula tinggi karena dapat memperburuk nyeri sendi. Selain itu mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi akan memicu penambahan berat badan sehingga memberi takaran yang lebih berat terhadap sendi anda.
  • Minyak Sayur
Menghindari minyak nabati seperti minyak kedelai atau bunga matahari adalah jalan yang terbaik bagi penderita rematik atau asam urat sebab minyak ini mengandung banyak asam lemak omega 6 yang dapat meningkatkan pada peradangan terutama pada sendi.
  • Alkohol
Oleh sebab itu kenapa islam sangat melarang keras untuk mengkonsumsi minuman keras termasuk alkohol karena ternyata itu semua sangat tidak baik untuk tubuh kita. Alkohol bisa menyebabkan kalsium tidak bisa diserap oleh tulang sehingga mengakibatkan kerapuhan pada tulang. Alkohol benar sangat berbahaya terutama bagi penderita rematik atau asam urat.
  • Kafein
Kafein dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi. Kondisi tersebut pada akhirnya dapat memperburuk rasa sakit pada sendi. Kafein juga menguras nutrisi penting dari tubuh sehingga anda lebih rentan terhadap rasa sakit. Pada intinya segala sesuatu apabila dilakukan secara berlebihan maka akan mengakibatkan kurang baik pada tubuh kita. Jagalah pola makan kita dengan baik sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar