Selasa, 06 Januari 2015

Pantangan Makanan Penderita Tipes

Tahukah anda? Penyakit thypus termasuk penyakit menular, sangat cepat penularannya yaitu melalui kontak dengan seseorang yang menderita penyakit typhus, kurangnya kebersihan pada minuman dan makanan, nah hal itu lah yang dapat memicu timbulnya penyakit tipes.

Pantangan Makanan Penderita Tipes

Penanganan penyakit tifus memerlukan ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Hal ini terutama lebih dikarenakan oleh lamanya penyakit ini untuk bisa sembuh total. Belum lagi pantangan-pantangan yang harus dilakukan agar penyakit ini tidak menjadi lebih parah.
Makanan yang harus dihindari penderita tifus cukup mudah karena makanan bagi penderita tifus hanya boleh bubur nasi atau bubur buah manis yang sangat encer. Makanan ini harus dihindari karena efeknya terhadap perut penderita, terutama bagian usus yang memang sedang bermasalah.

Makanan yang terlarang bagi penderita tifus diantaranya :

pantangan makanan penyakit tipes
  • Makanan Pedas : Di dalam perut yang normal akan membuat organ-organ pencernaan panas. Luka didalam usus akibat bakteri Salmonella typhi selama tifus jika diberi makanan pedas akan mengalami pembengkakan dan mungkin pendarahan. Nah, jika sudah begini, kesembuhan penyakit tifus yang diderita akan semakin lama. Bahkan jika dilakukan, ini bisa membawa kematian penderita.
  • Makanan berlemak dicerna tubuh lebih lama daripada makanan berkarbohidrat. Hal ini karena ikatan lemak kimia yang lebih kompleks dan juga karena pencernaan lemak baru terjadi didalam usus. Bukan mulut atau lambung seperti layaknya karbohidrat. Jika penderita tifus mengkonsumsi makanan berlemak, ususnya justru sedang bermasalah dipaksa untuk bekerja. Bukan hal mustahil, ini bisa menyebabkan pendarahan usus. Jika sudah begini kesembuhan penyakit juga akan lama dan mungkin bisa menyebabkan kematian.
  • Makanan yang asam : Makanan yang asam sangat tidak dianjurkan bagi penderita tipes, karena makanan yang asam ini akan mengakibatkan penyakit tifus anda semakin parah dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk segera bisa sembuh dari penyakit tipes ini. Contoh makanan yang asam adalah belimbing, makanan yang diawetkan, asam jawa, salak, apel.
  • Minuman Kopi : Didalam perut kopi bisa memicu naiknya tingkat keasaman lambung. Jika penderita tifus mengkonsumsi kopi, bisa anda bayangkan seperti apa jadinya? Ya, usus yang bisa tergerus dan akhirnya terjadi pendarahan. Lagi-lagi, ini bisa menyebabkan kematian.
  • Hal yang sama juga terjadi pada minuman bersoda. Karbonasi soda didalam perut bisa menyebabkan naiknya kadar keasaman lambung. Maka seperti kopi, ini bisa menyebabkan kematian.
  • Sayur-sayuran tinggi serat (bayam, kangkung, dll).
  • Pada lima hari pertama buah-buahan juga tidak diperkenankan, keculai air jeruk yang diminum sesudah makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar