Jumat, 16 Januari 2015

Pantangan Makanan Penderita TBC

Bagi anda yang memiliki keluhan penyakit TBC atau penyakit tuberculosis, dianjurkan untuk pintar memilih jenis makanan yang menjadi menu makanan sehari-hari. Hal ini ditunjukkan untuk kita dapat mengontrol kesehatan tubuh terutama dari serangan penyakit tbc. Penderita tbc tidak boleh sembarangan dan gegabah untuk mengkonsumsi makanan jika ia tidak menginginkan penyakit yang dikeluhkannya menjadi semakin parah. Makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita TBC ? dan makanan apa saja yang boleh dikonsumsi ?

Pantangan Makanan Bagi Penderita TBC

  • Gula halus dan gula olahan.
Penderita tbc harus menghindari makanan yang menggunakan gula halus atau dari gula olahan seperti : Roti putih, gula putih, sereal, makanan manis seperti kue dan puding.
  • Saus
Saus yang kaya akan natrium dan gula. Kita bisa menjadikan saus apel dan saus cranberry sebagai solusi alternatifnya.
  • Teh dan kopi
Mungkin ada yang bertanya, mengapa teh dan kpoi tidak boleh dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki keluhan penyakit tbc. Hal ini karena teh dan kopi mengandung kafein, sedangkan kafein adalah stimulan tbc. Tapi menurut university of maryland center, teh hijau bebas dari kafein dan dapat dijadikan sebagai minuman pengobatan untuk membantu mengatasi penyakit TBC karena mengandung antioksidan.
  • Acar
Acar harus dihindari oleh penderita TBC. Acar banyak mengandung banyak natrium. Karena asupan pada penderita penyakit tbc  harus dibatasi, sebaiknya 1-2 ons acar mengandung 850 miligram natrium.
  • Alkohol
Penderita tbc dilarang keras mengkonsumsi minuman beralkohol, karena itu akan semakin memperparah penyakit tbc yang diderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar